Home

7 Apr 2010

batas dewasa

sebenernya kapan sih seseorang bisa dianggep dewasa??
enggak jelas
sebuah makna yang sangat absurd dan ambigu
kalo umur seseorang uda 17 tahun apa uda bisa dibilang dewasa?
kalo seseorang uda bisa cari duit sendiri apa uda bisa dibilang dewasa?
kalo seorang bocah udah jadi single parent buat ngasuh adeknya
apa itu bisa dibilang dewasa?
kalo seorang yang bahkan udah ada di usia 30 tapi kelakuan masih kayak bocah apa itu bisa dibilang dewasa?
kalo seorang cowok uda pernah ngerasain mimpi "asik" dan cewek udah punya tamu tetap apa itu bisa dibilang dewasa?
gak ada patokan yang pas buat ungkapin makna kedewasaan itu sendiri
gw sendiri sering dibilang terkadang selalu bertingkah seperti anak 6 tahun di usia 20 gw
gw sering dibilang terlampau bisa memecahkan masalah diluar kemampuan anak 20 tahun
dilematis

gw sendiri hanya mengartikan kata kedewasaan dengan ngeliat dari gimana cara mereka bertindak
gimana cara mereka bisa menerima setiap masalah dengan kelapangan hati dan kepala dingin
gimana cara mereka berpikir sebelum bertindak
gimana cara mereka menyelesaikan suatu kesalahan yang telah mereka buat sendiri
gimana cara mereka memperlakukan orang lain sesuai keperimanusiaannya
itu suatu patokan yang paling tepat menurut gw
dan rasanya.........gw masih sangat jauh dari semua itu
yaks...
menjijikkan gimana gw berani menilai apakah seseorang layak diangga dewasa atau enggak
sedangkan gw sendiri gak nyoba buat ngedewasain diri gw sendiri dulu
nevermind
ada saatnya dimana gw bisa dan harus jadi dewasa
semuanya butuh proses pembelajaran yang gak instan
seperti gw nyoba gimana buat ngadapin masalah yang lagi gw alamin sama orang yang gw sayangin
not easy
tapi semua toh tetep kudu gw adepin
mau gak mau
suka gak suka
saat itu lah gw belajar buat jadi seseorang yang dewasa

3 komentar:

  1. Tak bsa diukur dengan umur,....dri kmatangan orang tu sendiri

    BalasHapus
  2. Menurut ipin : betul 3x...... he....he.....

    BalasHapus
  3. hoho...u're absolutely right
    thanks for visiting my blog
    :)

    BalasHapus