Home

27 Jul 2012

Hot Twitwar about Pilgub DKI

jangan tanya kapan saya bosen ngetwit ato kapan saya bakal resign jadi pengguna twitter. karena twitter semakin sayang untuk ditinggalkan. karena twitter juga semakin serba memberi tahu serupa Google dalam rangkaian 140 karakter.

seperti nggak ada abisnya kalo ngomongin cerita tentang twitter. lagi-lagi isu seru nongol gara-gara twitter. sehubungan dengan lagi ramenya pilgub DKI yang ngusung 2 nama pasangan di putaran kedua Jokowi-Ahok dan Foke-Nara. bukan...bukan mereka yang perang di twitter. tapi 2 akun yang mana satunya akun anonim tersohor tanah air bernama @TrioMacan2000 dan satu akun pendukung Jokowi yang namanya @kurawa (ngga usah di link lah yaa...pasti pada punya twitter kan??).


ngributin apa dengan awalnya darimana juga nggak terlalu paham lah saya. karena sekalipun saya suka follow akun-akun fenomenal, tapi buat si macan yang satu ini, nggak masuk lah dalam akun favorit saya. agak terlalu memprovokasi, sedangkan saya adalah tipikal orang yang gampang terprovokasi. daripada jadi korban provokator anonim, jadi mending ngga usah follow saja.

oke berlanjut. jadi ceritanya selama beberapa minggu terakhir ini, sejak selesainya pemilihan cagub DKI putaran 1, nampaknya mulai ramai di twitter beberapa fakta tentang cagub2 yang ternyata punya "rahasia" dibalik ketenarannya. rahasia-rahasia yang entah benar entah salah ini pertama diusung sama si Macan yang ngebongkar kisah korupsi Ahok di tempat asalnya. dari sini, nongol deh si kurawa yang ngakunya tim sukses Jokowi yang profesinya sebagai auditor.

dan well...suddenly pecahlah twitwar antara dua akun hebat ini. si kurawa ngebongkar bahwa ternyata akun anonim yang bawa nama macan sebagai username Twitternya, dibongkar sebagai akun anonim buzzer (karena emang canggihnya followernya si Macan ini nyampe puluhan ribu) yang dibeli sama Foke untuk salah satu alat promosi terkait kepentingannya jadi gubernur DKI.

wooaaaa....woooaaa....belom tau cerita lengkapnya aja udah cukuplah ya bikin saya yang notabene seorang anak Komunikasi yang pernah belajar ilmu ke-PR-an terpukau. APA?? ngebeli akun anonim di Twitter buat kepentingan politik?? antara mau bilang : THAT WAS A BRILLIANT IDEA or YOU ARE A DAMN LOOSER.

bener-bener ya, bahwa kekuatan sosial media ini harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Twitter utamanya. dimana Indonesia menempati urutan 5 besar pengguna Twitter paling aktif di dunia, sepertinya sayang banget emang kalo nggak memanfaatkan sosial media tak berbayar ini untuk satu media marketing atau promotion apalagi branding. but this is life. dimana selalu ada oknum-oknum yang memanfaatkan media-media ini secara salah. sebut aja dulu FB sering jadi tempat sarang penculik menjebak korban-korbannya. dan yeah, agak meningkat kepentingannya sekarang Twitter dipakai buat kepentingan politik dengan menjebak dan menjatuhkan citra lawan politiknya. amaze!!

karena gue udah bilang dari awal bahwa gue adalah pecinta Jokowi, maka di post ini juga gue secara sengaja nggak ngasi cerita apa aja yang diomongin si Macan di TL. buat yang penasaran boleh lah di cek sendiri. tapi buat yang lebih penasaran gimana mas kurawa ngebongkar ke anonim-an dan betapa seringnya si Macan bikin kesalahan dari pembelaannya-yang-ngaku-dia-cuma-membongkar-kasus-korupsi, boleh dibaca di link ini, ini dan ini.

dan well...gara-gara adanya twitwar yang super sayang kalau dilewatin ini, rasanya mendadak gue pengen banget buat kuliah S2 lagi. *ga ada hubungannya Jul* iiish...memperdalam ilmu gue tentang Komunikasi, trus jadi dosen dan ngajakin mahasiswa gue buat mengkaji hal-hal seru kaya begini. biar mahasiswa komunikasi nantinya nggak katrok dan nggak up to date kaya gue (ato mungkin sih mahasiswa Komunikasi yang katrok cuma gue kali ya). haha...be smart twitter user ya dude!

0 komentar:

Posting Komentar