Home

31 Agu 2012

my honor for you, heroes :)

Pengibaran di balaikota pagi ini emang bukan yang paling sempurna yang pernah gue liat. Tapi selama gue ngelatih, ini adalah pengibaran paling pake hati yang pernah ada. Gue selalu suka dengan prosesi pengibaran bendera. Dan gue slalu suka ketika bendera direntangkan sampai terdengar efek suara kain yang terbentang dengan keras. dan suara itu, nggak berhasil gue dengar pagi ini. itulah kenapa gue bialng pengibaran pagi ini tidak sempurna. sekalipun bendera mencapai puncak di nada terakhir lagu Indonesia Raya


Saat perentangan bendera di halaman depan balaikota
17 Agustus 2012

sampai akhirnya gue menyesal karena gue kecewa dengan pengibaran yang gue lihat. saat perentang pagi ini nangis di pelukan gue selepas pengibaran sambil bilang, "maaf ya kak, benderanya nggak ada suaranya". 

:(

Sedih tak tertahankan rasanya. Perentang ini bukan cuma punya bagian favorit dari pengibaran yg sama dengan gue, tp dia juga juara yang tersingkir karena kecurangan partnernya. dan ya...kejadian itu mengingatkan di keadaan gue taun 2005 silam.

That's he is, Anandu was on the left

Curang bwt ngibarin merah putih di wilayah yang lebih tinggi udah terlalu sering kejadian. mungkin ini sudah ke3 atau 4 kalinya, ada satu atau dua anggota paskibraka yang bisa berhasil sampai ke posisi 'tinggi' karena mengandalkan nama atau jabatan orang tuanya. well, somehow my flag doesn't need an unfair people like them. Itu kenapa gue nangis selepas pengibaran. Win from cheating, apa yang bisa dibanggakan dari itu. Honest and work hard, those people which proper to be a winner.My deep honor buat perentang paling berjiwa besar yang pernah gue latih. Anandu Rizky Narendra.

- - -

entah bagaimana cara gue menceritakannya. edisi pengibaran taun ini emang edisi pengibaran paling spesial yang pernah gue alamin. even gue di tahun ini nggak jadi pelatih inti, bahkan gue nggak pandai ngehafalin nama peserta pelatihan satu per satu. tapi taun ini gue serasa nemuin klimaks dari acara pelatihan yang udah dijalanin selama 16 hari sebelumnya. 


Look, how proudly Mediana is
baru ini gue bergidik mau nangis sendirian saat mereka berjalan di tengah lapangan, bukan karena gue takut pengibaran nggak berhasil. tapi karena gue mendengar suara seorang komandan pasukan 17 kali ini adalah seorang perempuan. as i know, kali ini dia bener-bener berhasil jadi pioneer pemimpin pasukan yang berjenis kelamin perempuan dengan SUKSES. entah ada hawa magis dari mana, yang bener-bener bikin gue berhasil meneteskan air mata saat mendengar teriakannya dari tengah lapangan. yeah...and that's she is, in front of the squad, Mediana Jauhar Izati.

dan baru kali ini gue menyesal dengan pengibaran yang tak sempurna, bukan dengan marah. tapi menyesal karena gue nggak sanggup mendampingi mereka lebih lama, lebih sering, bahkan lebih mengenal mereka pun sama sekali nggak pernah gue lakuin.  


Paskibraka Kota Semarang 2012
Semarang, August 17 2012
                 
dan untuk pertama kalinya juga, pengibaran berakhir dengan sangat penuh air mata. air mata bahagia. air mata kelegaan. bukan air mata emosi seperti tahun lalu yang sempat menimbulkan beberapa konflik. dan ya, mungkin ini klimaks pengabdian gue sebagai pelatih. gue dapet hadiah yang paling gue idam-idamkan. putra-putri terbaik yang cinta kepada negaranya. do wait for your loyalness in Purna Paskibraka Indonesia, heroes. 



**some part of this post, has been tweeted in my twitter last 17th.

0 komentar:

Posting Komentar