Home

20 Agu 2012

Mudik ter-mudik

entah sebenernya siapa pencetus tradisi bernama mudik, dan entah siapa pula yang mencetuskan bahwa mudik itu biasanya berasal dari kota ke desa (dari Jakarta ke Jawa (yg padahal Jakarta sendiri juga ada di Jawa)). beuh...mudik kali ini jadi pengalaman mudik gue yang paling asoy.

jadi, gue emang dari kecil juga kenal tradisi mudik tiap lebaran ini. biasanya gue berangkat h-1 sampe h+5 lebaran. ah lebaran....biasanya sih kita bahagia banget karena jalur mudik kita emang pake jalur yang ngelawan jalur mudik umumnya. gue balik dari Jawa ke Jatiluhur sedangkan orang-orang umumnya dari barat ke timur. jadilah seharusnya gue berasa jalan di jalan bebas hambatan, bedanya jalan bebas hambatan gue ada alfamart di kanan kiri jalannya :D


tapi tahun ini sepertinya Allah berkehendak lain. ih waw banget. biasanya gue kena macet paling maksimal cuma 1-2jam, kali ini jalur dari Brebes sampe Jatiluhur yang harusnya bisa ditempuh dalam waktu 3,5 jam jadi harus gue tempuh selama 12,5 jam. Subhanallah...ngerasain macet selama 8jam di Pamanukan plus 1,5jam di Purwakarta rasanya pengen ngais-ngais tanah. gimana enggak, gue berangkat dari jam 5 pagi dari Semarang, harusnya jam2 siang udah nyampe Jatiluhur, ini baru sampe jam setengah11 malem. ternyata begitu, rasanya jadi orang mudik.

jadi ceritanya, di h-1 lebaran kemarin, di kawasan Pamanukan-Cikampek emang lagi ada kelangkaan BBM yang mengakibatkan kemacetan sepanjang hampir 1,5km di tiap mau ngadep SPBU. ya iya sih, cuma 1,5km. taspi kalo 1,5km ini ga jalan kan sama aja kibul. bahkan kemarin, untuk ngelewatin jarak 500m mobil yang gue naikin butuh waktu 1,5jam!!!

kecurigaan gue dimulai waktu gue ngeliat mobil-mobil plat B yang jalan ke arah timur, kap atas mobilnya pada berwarna cokelat. macem mobil udah ngedongkrok di gudang 4 abad nggak pernah dipake dengan debunya setebel apaan tau. well...seberdebunya jalanan di Pantura masa iya sih sampe bisa bikin kap mobil warna item jadi cokelat. sampe akhirnya temen gue ngemention gue di twitter yang abis pamer jalanan Pantura arah Jakarta lancar, ngga kaya yang ke arah Jawa : Tunggu aja sampai lo nyampe Pamanukan, begitu katanya. umm...umm...10menit kemudian sampailah gue di Pamanukan. jeng jeng jeng jeng.....dan yeah...selamat bertemu dengan macet.

panik tak terhingga pas gue dan bokap gue ngliat stok bahan bakar udah menuju di huruf E (kalo kata Pattrick, huruf E itu End yang artinya berakhir (masa pakai mobilnya), jadi mobilnya dibuang saja setelah itu. pfffft...). langsung gue berburu info. dari info yang gue dapet, macet ada dari Pamanukan sampe gerbang tol Cikampek dan macet dari SPBU Sukasari nyampe 5km. hmm...demi kebaikan bersama, AC mobil terpaksa dimatiin. berpanas-panaslah kami semua serasa lagi naik angkot. dan yah....baru 8 jam kemudian kami bisa sampai ke SPBU dan bisa ngisi bahan bakar. Alhamdulillah orang puasa emang slalu ditolong, mobil yang udah hampir harus ditinggal entah dimana itu akhirnya bisa digunakan dengan selayaknya (baca, pake AC).

dijalan 18jam itu rasanya super. ngebayangin berita di twitter ada yang berangkat dari Jakarta, 22 jam masih nyampe Pamanukan. aih aihh....jadi mereka gue pilih puter balik cari jalur ke arah Bandung lewat Sumedang keluar Palimanan. matik 22 jam dijalan sih.

dan bahagia tak terkira pas akhirnya bisa sampe rumah nenek di Jatiluhur disambut dengan teh panas, air hangat buat mandi dan keluarga besar yang lengkap. terima kasih Ya Rabb, masih diijinin buat berkumpul dan merayakan hari kemenangan bersama.

Happy Iedul Fitri 1433H
Maaf lahir batin atas kata yang buruk dan sikap yang kurang berkenan
semoga kita semya selalu dalam lindungan Allah


Regards
Zulfa Aulia, S.I.Kom
.^^

0 komentar:

Posting Komentar