Home

15 Nov 2012

#nomention and friend

lama kelamaan sepertinya sosial media ini memang membawa banyak perubahan ke habit orang-orang sekitar kita. entah baik atau buruk, yang jelas semua informasi sekarang lebih mudah terserap dan mendapat feedback secara indirect. untuk beberapa orang mungkin merasa nyaman dengan adanya sosial media yang membantu mereka berpura-pura komunikasi secara direct walaupun pada dasarnya peranan sosial media ini ngga jauh beda dengan umm....mading misalnya.

sosial media pun sepertinya sekarang mengalami penyempitan media itu sendiri. ketika dulu sosial media itu melingkupi semua media yang dapat membuat orang yang stau dengan yang lain terhubung dan terintegrasi dalam satu jaringan, sekarang sosial media ini seperti hanya terbatas pada lingkup Facebook, Twitter, You Tube dan umm....yang agak mahal mungkin sebut aja Instagram.

habit disini yang saya maksud adalah bagaimana orang bisa pandai menegur dan berbicara satu sama lain, TANPA NYEBUT NAMA. hahaha...kita pake istilah twitter disini, no mention.

sering ngga sih kalian ngebaca di timeline Twitter ato bahkan sering diadopsikan juga ke newsfeed di Facebook tulisan #nomention ini. saya sering terlibat didalamnya. tujuannya? awalnya tentu saja untuk menyamarkan siapa sebenernya seseorang yang saya bicarakan dalam post status atau twit yang saya publish. biasanya karena kangen malu-malu ato ngeledek temen sendiri. tapi lama kelamaan rasa-rasanya si #nomention ini jadi lebih sering dipake buat twitwar daripada buat main misterius-misteriusan.

saya sih sebenernya ngga terlalu bermasalah ya ketika twitwar atau perang status itu bukan ditujukan untuk saya. saya lebih sering jadi penikmat perang twit malah. sampai akhirnya saya terjun sendiri didalamnya. maklum, namanya juga pengangguran kurang kerjaan, suka jadi makhluk nocturnal, dan kebetulan banyak banget partner in crime tukang ngejunk di timeline yang lagi sama-sama ngalong. jadilah kami suka perang #nomention di twitter.

beberapa orang suka akhirnya ikutan ngakak, kalau kebetulan mereka temenan sama yang lagi sama-sama twitwar. tapi bakal beda cerita kalo yang lagi pengamat timeline malem itu cuma temenan sama salah satu pelaku twitwar. pasti bakal dikira sampah banget.

nah...habit yang satu ini kadang suka bikin saya senewen akhirnya. agak sampai pada satu titik ketidaknyamanan ketika twitwar #nomention ini bener-bener bermaksud seperti orang yang ngajakin perang, bukan sengaja mau bercanda, tapi jelas-jelas mau nyindir dan itu bener-bener jauh dari konteks keasikan #nomention. di timeline saya banyak banget hal-hal semacam ini.

ya namanya orang siapa yang tau ya, secara temen kita di twitter kan ngga cuma 1-2. yang kliatan di timeline yang mau nulis #nomention, belom tentu sama dengan yang ada di timeline temen kita yang baca. disini ini lah yang akhirnya jadi suka sering bikin salah kaprah.

dulu pernah ketika ada satu orang di timeline saya yang suka copy paste beberapa quote yang nongol di TV, lagu atau puisi tapi dia ngga pernah nyantumin source-nya. nah, orang yang seperti ini sejujurnya sama sekali ngga menarik respek saya. akhirnya bilanglah saya di twitter, "hell-o, ini 2012 dan masi jaman gitu main copy paste.." dan ngga lama setelah itu malah ada follower yang lain yang nyamber, kerasa kalo dia mungkin salah satu oknum copy paste ini. tapi toh nyatanya ada juga kok yang ikut bantu RT ato mengiyakan dari twit yang saya post. nah, dari sini saya belajar, agaknya budaya #nomention ini merupakan versi dunia maya dari bergosip aka ngrasani yang kalo kelamaan dipiara jatohnya jadi kaya orang yang sirik melulu kerjaannya. abis itu, saya ngga lagi pernah ngetwit yang dengan sengaja ingin bermaksud menyindir orang yang mana pelakunya ada di timeline. buat saya itu bukan perilaku yang tidak mencerminkan seorang teman yang baik.

dasar emang siapa menanam, dia juga yang menuai. sampe akhirnya beberapa waktu yang lalu, saya ceritanya lagi asik kultwit tentang kedongkolan saya sama seorang temen di kampus yang mana kami sama sekali ngga pernah bertegur sapa di kampus, tapi tau-tau menjelang wisudanya dia sering banget bbm saya buat nanyain semua info tentang kewisudaan. Lah, saya kan uda ngga di Solo, saya juga udah wisuda 2 periode yang lalu. saya bingung kenapa dia ngga ngurus wisudanya bebarengan sama temen-temen yang wisuda satu angkatan kaya temen-temen yang lain sebelumnya. bukannya saya ngga ikhlas buat ngejawab sih, tapi seringkali pertanyaannya itu suka ngga masuk akal dan ngga layak ditanyain. dan pikiran jelek saya langsung nyeplos, "temen-temen lo pada kemana deh, kok tanya ke gue sih?"

nah...kesemua cerita itu saya post secara berkala di twitter. tak disangka, ada salah satu follower saya yang kebetulan saya follow juga mulai main #nomention yang dengan maksud memang menyindir kultwit yang saya bikin. awalnya saya masih bisa posthink, ah....pasti itu buat yang lain, kan follower dia juga segambreng tuh. lah tapi kok lama-lama mulai ngeselin, karena dia bilang dia mau nge-mute twit-twit yang menimbulkan aura negatif. whhoooaaa....saya dibilang biang kerok aura negatif kayaknya. well...makin kesel karena teringat dia bukan pengikut aliran #nomention (ini orangnya sendiri yang pernah bilang). yaa...yaa...

waktu itu saya emang sengaja buat nyari tau apakah yang di-hidden-mention sama dia itu saya atau bukan, saya sengaja ngepost "Dear (s)talkers, if you have any problem with me, just send me a private messages. Regards" dan nyatanya berbuah manis dengan satu twit pendek berbunyi "waw" yang keluar ngga lama setelah saya post twit. dan akhirnya sempet ngobrol juga sama temen yang kerasa juga kalo saya kayaknya lagi disindirin gitu. yasudahlah....ternyata mungkin saya atau dia yang ngga tau bagaimana memperlakukan seorang teman dengan baik.

saya ngrasa sih, itu cerita di timeline emang seolah saya nyebarin begonya temen saya ke orang-orang. tapi tanpa maksud mau menggunjing, saya cuman mau cerita kalau saya lagi nemu a super unique stranger yang sedang mencoba untuk jadi teman saya. nah, disini keliatan banget bedanya ketika ada satu temen saya yang langsung mention ke saya dan beberapa temen yang nyambung ngobrolin objek cerita saya di twitter dengan bilang,"udah ah, jangan dilanjutin. aku tau lho siapa yang kalian maksud...". Buat saya, dia emang bener-bener temen saya. menegur secara directly itu baru temen. itu berarti dia care. berarti dia peduli. dan bukan berarti ketika saya ngga terima di #nomention, saya adalah orang yang ngga bisa dikritik.

saya orang yang simpel sih. buat saya communication is everything. kasian penemu aneka simbol, lambang dan bahasa kalau temuannya ngga pernah dipergunakan untuk menyampaikan pesan demi terjalinnya suatu hubungan yang harmonis. sama seperti perlakuan saya ke beberapa orang "penggemar" saya yang menyatakan perasaan mereka kepada saya lewat media-tak-langsung. buat saya, selama mereka belom ngomong di depan muka saya kalau mereka "ada sesuatu" ke saya, saya akan tetep anggep saya dan dia tidak ada apa-apa. dan saya pun tidak akan merubah perlakuan saya ke mereka. nah, kali ini pun saya akan berlaku sama. ketika ada orang yang tidak nyaman dengan attitude saya yang salah dan mereka tidak menegur saya secara langsung atau setidaknya mencoba mengkomunikasikannya kepada saya, buat saya mereka belum layak untuk dianggap seorang teman. betapapun baiknya mereka ke saya ketika mereka sedang tidak ada masalah dengan saya.

ahahaha...lagian menurut saya seorang temen kalo ngga suka sih mending langsung unfollow aja, jangan bilang-bilanglah kalo mau nge-mute. mana-mana juga tersinggung kali kalo tau-tau dibilang negatif. sosial media itu media yang baik dan mudah. jadi tolonglah jangan dibikin buruk dan susah.

jadi, masih mau main #nomention nih?? kalo saya sih tetep dong...

2 komentar:

  1. emang yg kaya gitu sering bgt terjadi mbak, kadang kalo kita udah disindir orang yg ngakunya temen pasti ntar di realitanya juga akan ngefek
    aku juga kurang setuju mbak ama ungkapan 'unfollow bukan berarti unfriend kan?' dari seorang teman, karena menurutku kalo emang temen ngapain di unfollow? kalo emang kurang berkenan dgn konten tweetnya sebagai seorang teman kan bisa ngingetin,ya emang bener mbak kalo emang ada yang kaya gitu tu berarti emang belum siap bertemen ma kita, simple :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah...kalo orang yang udah biasa berteman dan berkomunikasi, rasa2nya ngga susah ya buat bilang : heh, brisik!
      aku lebih suka disewotin daripada disindir.

      mari berteman dek hewr!!
      :D

      Hapus