Home

1 Okt 2010

obrolan sebelah terminal

hari ini saya mendengar satu percakapan penuh makna
bisa berarti ambigu

di pinggiran jalanan deket terminal banyumanik
adalah tempat gw turun kalo abis naek bis dari solo
gw masih berdiri tunggu damri dengan 3 orang bapak2 yang gw yakin berprofesi sebagai CALO duduk dibelakang gw
"iki ngopo tho,kok mobil do mandeg neng kene kabeh?"
---ini kenapa sih mobil kok pada brenti disini semua
sambil nunjuk ke barisan mobil yang parkir sejajar yang biasanya jadi tempat angkot pada ngetem
"ho o ik, goro2 roti brownies ngarep kae"
---iya nih,gara2 toko roti brownis depan sana
sambil nunjuk seberang jalan tempat sebuah toko yang menjual brownies berdiri diam tanpa kata

saat percakapan terhenti sejenak disitu
gw cuma ngedumel dalam hati
"emang ini jalan punya nenek lo apa, terserah mobil2 ini mau parkir dimana dong.kalo nyebrang juga kan bikin jalan tambah macet. ga liat tu lampu merah kayak udah ga ada ijonya??mandeg trus!!"

tiba2 percakapan berlanjut
"jajal ki nek mobil ditariki 2ribu - 2ribu, lumayan nggo maem"

gw langsung terhenyak tertampar terdiam
dihantui dua pikiran yang merasuk antara
1. parah ya,,,ni orang bener2 duit aja isi otaknya
2. Ya Allah.....apakah mereka2 benar2 harus memanfaatkan semua keadaan yang ada demi mendapatkan sesuap nasi untuk anak istrinya??

kapan Engkau akan memberikan kenikmatan yang sama rata sama rasa untuk kami Rabb??

3 komentar:

  1. hahaha
    kadang gw juga kepikiran gitu kali kalo universitas deket rumah gw lagi wisudaan. penuh mobil jalanan depan rumah
    Bukan, Allah memang tidak memberi kita nilai materi yang sama rata
    tapi gw yakin Dia memberi nilai-nilai kehidupan yang rata bagi semua.

    BalasHapus
  2. cuma orang bijak yang bisa menyimpulkan seperti itu
    sedangkan tidak semua orang berpendidikan dan mampu berpikiran sebijak kamu...

    BalasHapus
  3. gw bukan bijak, dan itu bukan jawaban paling bijak
    bagi gw itu salah satu bentuk "pasrah" kita sama Gusti Allah

    BalasHapus