Home

13 Mar 2011

what i've got in PEKOM 2011

you know what?
ternyata masih banyak hal diluar sana yang masih jauh lebih menarik dari kehidupan gw sekarang
satu ilmu baru yang gw dapet setelah gw ikutan lomba PRVaganza
di acara pekan komunikasi 2011 yang diadain sama FISIP UI

well......gw jadi tau
UNS walau komunikasinya dapet akreditasi A tertinggi
tapi ga jaminan kalau kualitas mahasiswanya sebagus yang akreditasi ke2,3,4
ga akan nunjuk siapa2 yang jauh2
gw sendiri deh ya
*bukan patokan yang bagus sebenernya*
*LOL*

walaupun di lomba kmaren gw tergolong tua
karena temen2 seperjuangan yang laen mayoritas anak 2008 kebawah
tapi bener2 ga jaminan gw banyak lebih tau dari mereka
about PR
*yes, kita talk about PR disini*

OMG....
gw tiba2 mikir
"gw bener2 ga tau apa2 soal apa itu PR dan segala perkembangannya
apa selama ini gw tidur ya dikelas?"
tapi ternyata bukan cm gw yang mikir gitu
duo nanda temen setim gw juga kepikiran hal yang sama ternyata

WOW
perkuliahan yang ada dikampus gw ternyata bener2 jauh ketinggalan sama yang mereka dapat
pendidikan di UNS masih terlalu teoritis dan kolot
ga banyak ngegunain praktisi ternyata sangat pengaruh
letak geografis kampus yang jauh dari pusat bisnis yang punya banyak praktisi juga ngaruh
ketidakmampuan mahasiswa buat bisa mengkritisi pendidikan yang kolot juga ngaruh
ketidakmampuan mahasiswa untuk bisa berkembang sendiri tanpa ditopang dosen juga ngaruh
ketidakmampuan mahasiswa untuk menciptakan iklim belajar yang ga saling sikut ternyata juga ngaruh

*ngumpat*
uda 3,5 tahun lebih gw kuliah dan gw baru nyadar itu sekarang
ah.......buang2 waktu bener
dari dulu gw emang blom banget bisa beryukur kuliah di kampus telor asin ini
tapi sekarang sepertinya gw nemuin alasan yang paling logis dari semua itu
kampus ini KOLOT

huuuuaaaaahhh........
perlu dan wajib diakuin
sangat susah buat ngebangun iklim belajar yang enak di kampus gw
sejak ada penugasan di makul spesialisasi yang ngebikin kita jadi saling sikut
yang ngebikin kita jadi tau watak dan kultur seseorang yang sebenernya
yang ngebuat kita jadi ga bisa fokus pada satu hal dan akhirnya banyak hal yang jadi terabaikan
penugasan ga tau waktu dan kondisi
membunuh otak dan semangat kami tanpa henti selama 4 semester di akhir perkuliahan
cuma UNS yang punya hal2 seperti itu

time to leave the old skuuuuulll!!!
kalo kata salah seorang praktisi yang gw temuin disana kmaren
Magdalena Wenas, dari PR Society yang jadi dosen komunikasi UI juga
*sial bener, mayoritas dosen mereka juga seorang praktisi*
dan marilah kita mulai dari sekarang
dan dari diri kita sendiri


we live in a transparent fish bowl
Magdalena Wenas

7 komentar:

  1. kurang dikit itu quotesnya
    "We live in a transparent fish bowl"

    hahahah
    rasane nek pas balik ke kampus pengen misuh2 terus

    BalasHapus
  2. Sepintas saya amati, setelah Anda mengikuti lomba PR di UI, sepertinya pemikiran Anda sudah makin terbuka (terbukti dengan mengatakan kampus Anda KOLOT). Tapi dari hal tersebut belum bisa menjadikan diri Anda lebih baik. Apa alasan saya mengatakan demikian? Salah satunya adalah penggunaan bahasa yang sebenarnya sangat berpengaruh dan mencerminkan kapasitas pribadi seseorang. Ada beberapa kata yang saya secara pribadi merasa tidak 'enak' dibaca karena kurang santun dalam penulisannya. Boleh saja kita mengutip kata-kata bijak yang bisa mendorong ke arah yang lebih baik, seperti "we live in a transparent fish bowl". Tapi sayang, kata bijak tersebut Anda tempatkan di antara kalimat-kalimat yang "pahit". Sekiranya itu yang menjadikan saya memberanikan diri berargumen di bawah tulisan Anda. Kenapa bisa? Karena saya pikir setiap ungkapan berhak untuk ditanggapi dan tidak bisa serta-merta diamini tanpa pertentangan dari berbagai sudut pandang. #DIALEKTIKA#

    BalasHapus
  3. @Nanda:iya...saatnya sampaikan apa yang kita dapet ke kajur tercinta

    @anonim:
    ahahaha....yess. pengembangan pengetahuan emang ga slalu didukung dengan pengembangan kepribadian yang sama cepatnya.
    terima kasih atas koreksinya
    saya masih belajar
    dan mohon dukungannya dari orang2 sekitar untuk tidak bosan mengingatkan saya
    namun sepertinya saya juga lebih menghargai orang yang berani mengkritik saya dengan memberikan identitas aslinya agar saya juga bisa mengetahui kepribadian anda
    bukan lempar batu sembunyi tangan
    semoga masukan anda menjadi teguran yang bermanfaat bagi saya
    :)

    BalasHapus
  4. komentarnya bung/sis anonim bener-bener jlebb sleketep x_x
    itulah gunanya blog, opini bebas namun juga bebas dikritik bukan?
    ;D
    keep writing, neng!

    regards,
    yg selalu baca tulisanmu

    BalasHapus
  5. @abang: makasi makasi makasi
    4 always read my silly blog
    pastilah
    tanpa tulisan saya bisa mati...
    ;)

    BalasHapus
  6. juphoy!!
    let me take a walk in your blog again for awhile.. meheheh.
    ciyeeeh seru yah ada PEKOM. di tempat gw gak ada yg kayak gitu. =P
    boleh ikut cerita2 dikit dong.

    uhm mgkn apa yg terjadi sm lo dan temen2 lo di PEKOM jg sama kayak mahasiswa2 lain yang yg berangkat 'banding' ke kampus lain. I said 'banding' karena kemanapun kita pergi apapun tujuannya pasti muncul perbandingan. disini khususnya ketika kita ke kampus yg letaknya di pusat.

    contoh. jurusan gw. dan kampus gw. jika dibandingkan dengan kampus yg di jakarta atau di bandung dgn jurusan yg sama pasti banyak bedanya. bedanya adalah, kampus gw itu teoritis banget. sama kan kita. kolot karena berani teori tapi kurang praktek. banyak temen2 sejurusan di kampus gw bilang, kampus gw masih sangat unggul kalo ngomongin teori. mau gontok2an soal teori dan perspektif juga ayok. yakin deh bisa banget menangnya.

    tapi. kalo udah masalah praktek. yah. mesti jatuh bangun kalo mau saingan sama yg di pusat. karena mereka di pusat, semua jadi lebih gampang. negrti kan masud gw, ketika kantor pemerintahan dan departemen2 lainnya ada di pusat pasti lebih gampang digapai untuk praktek ilmu. sama misalnya (uhm gw gak tau sih ini ngaruh apa nggak) ketika di Jogja apa Solo ada stasiun TV swasta atau komersil (err correct me), pasti bakal lebih gampang kesana tanpa harus ke jakarta dulu misalnyah. praktek jd lebih gampang kan.

    jadi intinya adalah. apa yak? hahahaha. *koprol*
    mgkn kita sebagai mahasiswa ga bisa sepenuhnya mengandalkan kampus atau mgkn menyalahkan kampus karena kekolotannya (despite of faktor2 lain juga tapi yah). mgkn kampus punya keterbatasan yg membuatnya minim praktek trus kesannya kolot. susah sih emang mengubah kultur yang sudah ada, tapi kalo udah begitu mgkn mahasiswanya yg harus berubah. mahasiswanya yg harus pinter cari2 ilmu lain. just like what you did kan. karena ngerasa ilmu kurang jadi pasti pengen nambah. then you go to find another 'thing' and 'stuff'.

    nah.ya gitu deh kira2.. (bingung sendiri, *garuk2 kepala*)

    PS: uhm. PR yg lo bilang itu Public Relations bukan? apa materi kuliah lo yg lain? kalo iya PR yg itu boleh dong gw diajarin. ya ya ya. gw agak buta juga sama per-PR-an. tapi gw ngerasa butuh juga ngerti ilmu itu. kekeke

    cheers!!

    BalasHapus
  7. huaaa.....jadi satu posting baru
    iya ris bener banget
    kampus gw masalahnya cuma satu, ga brani fokus mau di teori ato praktek
    dua2nya kita dapet serba setengah2
    jadinya kalo diperangin sama kampus2 laen, tempat gw jadi ketinggalan. ditambah lagi dengan sedikitnya dosen gw yg prof, atau praktisi, bikin perkuliahan gw jadi kayak anak sekolah.
    at least di kampus lo juga fasilitasnya jg memadai. kalo ditempat gw masih banyak tugas2 yg peralatannya harus swadana.

    yah....lo gampang masuk yg daerah karena almamater lo UGM jadi langsung bleng. kalo UNS masih harus diuji sana sini mau di daerah ato pusat. cuma kalo buat di media, nama komunikasi UNS emang uda bisa dibilang aman. kami terbukti mampu bekerja.

    ahahaha....basicly. PR sekarang lebih dominan pencitraan melalui sosial media, yg kalo di ilmu PR disebut ilmu PR 2.0
    *sumpah...ini gw baru denger di pekom kmaren*
    gimana cara lo mencitrakan diri, mengembangkan pikiran dan terbuka terhadap semua pengembangan dan masukan yang ada.
    sama2 belajar ris....

    *ah...suka gw ngobrol gini*

    regards

    BalasHapus