Home

30 Jun 2012

Penolakan Kerja #2

sedikit pengen cerita tentang edisi tes ngelamar kerja gue yang kemaren. sebutlah satu TV swasta nasional yang umurnya udah setua gue. saran gue, buat siapapun anak komunikasi (yang masih numpang di FISIP komunikasinya) yang mau ngelamar broadcaster, wajib baca ini!!

jadi, sebenernya edisi tes ini agak sama mengejutkannya kaya panggilan interview gue dulu yang pertama. cuma selang sehari dari gue apply lamaran via email. besok sorenya gue dapet panggilan buat tes tertulis, psikotes dan interview user, kali ini gue harus bertolak ke Surabaya. whoaaa whooaaa....gue, ke Surabaya, sepertinya menarik.

hari H, sampailah gue di TKP tempat tes. mulanya gue pikir gue bakal bersaing dengan ratusan job seeker, unfortunately, cuma ada sekitar 50an peserta yang ikutan tes. kali ini gue ngerasa bakal siap tes beneran, nggak macem gue daftar di bank atau interview di perusahaan-saham-abal-abal.


jadi, ceritanya gue itu ngelamar untuk tes Broadcast Development Program dimana ceritanya si TV nyari orang-orang yang bisa ditempatkan di dalam studio sebagai pelaksana. ada beberapa posisi yang ditawarin disini such as camera person, lighting, audioman, set builder, wardrobe, CRO and DG. secara gue dulu pernah ngambil mata kuliah video dan dapet ilmu dikit-dikit tentang gawean di studio, setidaknya gue ada gambaran lah kaya apa kiranya kerjanya dari masing-masing position.

si orang TV ngasih kita sedikit gambaran tentang kerja dari masing-masing position dan sesekali tanya, siapa yang dari broadcast, siapa yang dari kampus ini, siapa yang dari kampus itu. dan tentunya, jurusan ilmu komunikasi ataupun UNS nggak pernah ditanyakan keberadaannya.  usut punya usut, ternyata kampus-kampus yang tadi dia panggil adalah kampus-kampus yang punya jurusan televisi atau fikom yang punya jurusan broadcast.

si orang TV nyuruh kita duduk berdasarkan posisi apa yang kita pengen. berpindahlah gue di tempat CRO position. dan setelah gue duduk, agak shocked karena ternyata lebih dari setengah peserta masih duduk di posisi semula karena mereka nggak tau posisi apa yang mau mereka ambil. jadi ceritanya setelah lo tau dengan posisi apa yang mau lo ambil, lo cuma harus ngerjain soal dari posisi yang lo minatin aja.

okay, gue duduk manis. mulai ngerjain soal CRO (Control Operator Room ini kalo dikampus gue lebih dikenal dengan nama switcher). nggak sombong sih, tapi gue ngaku gue bisa ngerjain ini soal. jawaban gue sepertinya meyakinkan. ga nyampe 30 menit gue kelar. penasaran, gue lirik soal buat cameraman (karena kita boleh ngerjain lebih dari satu soal kalo emang mampu). sepertinya cuma 1 soal yang gue ga bisa. mulai gue kerjain juga pada akhirnya.

kelar. ternyata proses tes diganti, yang harusnya setelah tes tertulis adalah psikotes diganti jadi interview user. Oh God!! saya agak mules-mules denger kata interview user. dan mendadak gue kenyang.

oke, tes interview dimulai. ketemulah gue dengan user CRO. dan keluarlah beberapa pertanyaan menarik dari si user. contoh :
CRO man :  kamu kayaknya ngerti ya mbak soal CRO. jawabannya meyakinkan gini. kamu ngikutin nggak perkembangan alatnya sekarang kaya apa? kapan kamu terakhir kali make?
Si cantik :   enggak ngikutin tuh Pak. Saya aja megang switcher udah 2 taun yang lalu waktu saya kuliah semester 5-6. itu pun saya belom pernah nyoba produksi. soalnya tiap produksi saya dilempar ke studio terus
CRO man :  wah...udah lama dong yaa. kamu tau kan tapi kalo sekarang recordingnya udah nggak pake video tape?
Si cantik : nggak tau Pak, emang sekarang pake apa Pak?
CRO man : sekarang itu udah digital Mbak, jadi semuanya langsung kesimpen di HD. oke, kira2 di alat switcher itu ada berapa baris sih Mbak?
Si cantik : *Berpikir Keras* *Karena seinget gue di switcher itu ada buanyaaaaaaaakkk banget deretan kesampingnya.* Dengan culun gue bilang, 'lah bukannya banyak ya Pak? kayaknya itu tergantung inputnya deh. say anggak tau pastinya Pak...'
CRO man : Baris mbak baris. yauda saf deh kalo kamu nggak ngerti baris.
Si cantik : *PLAK!! dudududu...* Oh, saf ya Pak. cuma dua ya Pak? buat input sama output setau saya sih
CRO man : Wa...kamu taunya saf ternyata. bukan baris. oke, itu kalo misal lampunya yang nyala di saf 1 dan saf dua, istilahnya masing-masingnya apa Mbak namanya, tau nggak kamu.
Si cantik : *misuh* *misuh* *misuh* Wah...ngga tau Pak. Saya lupa. Udah lama banget abisnya :D *pasang tampang sekece mungkin*
CRO man : Hahaha...lama banget ya ternyata kamu nggak megang alatnya. kamu kenapa nggak jadi campers aja? kayaknya passion km lebih kuat ke campers daripada cuma ngendon di CRO.
Si cantik : *bercerita dengan menggebu-gebu kisah perjuangan selama jadi campers. asli, saran gue, just be your self when you gave them a long story. don't be too idealism.*
 Oke. satu user yang mengerikan kalo gue bilang. dan disini gue ngerasa shock banget. dia tanya buanyaaaaakk banget soal teori ke switcher-an. beberapa istilah yang (sialnya) gue baru denger pun ada yang dia tanyain. dan dengan menyesal gue mengangkat pantat dari kursi interview. Tuhan beserta para pencari kerja, menenangkan diri di dalam hati.

Interview kedua. bertemu dengan orang HR. Lebih banyak ngobrol lah ya daripada puyengnya. tanya soal gue, keluarga, idealisme gue, pernah pacaran atau nggak, mau nggak nikah dalam 2 taun atau enggak, beserta kenapa kenapa kenapa-nya. dan mencengangkan karena bahkan di akhir percakapan pun si HR man bilang gue lebih terlihat ada passion di Campers daripada di CRO. ah, gue bingung. gue nggak tau apa pedoman seorang macem gue layak jadi campers. Dengan lapang gue jawab, "ya, kalau nantinya saya memang harus jadi Campers saya sih siap aja mas. Toh nantinya juga ada training, saya bisa belajar lebih dalam lagi biar saya akhirnya bisa puas dengan hasil gambar yang saya ambil".

Dan dengan menawannya si mas HR ini menggiring gue ke user ke2, user campers. APA-APAAN?? gue interview sama 2 user? lah, yang lain cuma satu? udah pada keluar semua. mencoba menenangkan hati lagi, 'Ah, mungkin gue terlalu potensial. semoga pertanda baik'. dan terjadilah sebuah percengangkan part 2 dengan user kedua.
Campers User : Jadi kenapa kamu nggak jadi campers aja?
Si manis : Soalnya dulu saya sering jadi campers Pak, saat penugasan di kampus. jadi saya pengen nyoba yang baru masuk ke CRO. Tapi toh kalau nantinya saya memang harus ditempatkan di campers sih saya juga nggak masalah.
Campers User : Jadi cameraman itu berat loh Mbak. kamu tau di tempat kita itu cuma ada 2 campers perempuan. satu di Jakarta, dia dulunya mantan Pelatnas Bulutangkis. kamu bisa bayangkan badannya kaya apa lah. satu lagi di Surabaya, orangnya tomboy banget. kamu yakin?
Si manis : Saya dulu udah pernah ngerasain kok Pak. dulu waktu saya liputan bawa2 camera selama 3 jam lari-lari ujan-ujanan dan lawan campers lainnya cowok semua. lumayan sih, abis itu kerokan juga tangan kanannya. tapi sejauh ini saya sih ngga ada masalah Pak *pasang muka manis* *padahal agak kesel diragukan kesaktian gue*
Campers User : Tapi kamu ngerti kamera kan ya? istilah-istilah kamera? *mulai tanya semua istilah kamera, dari Iris, ISO, Shutter Speed yah...beberapa pertanyaan yang masih bisa lah gue jawab, sampai akhirnya keluar pertanyaan.....* Kamu tau Kalvin kan ya? *gue ngangguk* Kalo misal Mbak, di ruangan indoor kaya gini, dengan lampu putih gini, itu tuh suhu cahayanya berapa ya? 
Si Manis : *muka mulai asem* *sial gue bener-bener lupa. gue bahkan nggak inget suhu cahaya di kamera itu dimulai dari suhu berapa ribu, bahkan suhu cahaya terendah untuk warna apa juga gue lupa. bego!!*  *dengan suara setengah berbisik macem orang kelaperan gue ngejawab.....* Ah, lupa Pak. bener-bener nggak inget. soalnya di kampus saya teori kamera cuma digunakan buat pengantar, itu pun kami nggak ada ujiannya. lupa Pak.. *nyengir kuda, asem!*
Campers User : Lupa apa nggak tau?
Si Manis yang mulai asem : Lupa Pak bener. saya ingetnya suhu itu dimulai dari angka sembilan  ribuan gitu kalo nggak salah, tapi lupa itu buat warna apa.
Camper User : Hahaha...oke. Bagus kamu bilang lupa, daripada asal njawab tapi salah. tapi kayaknya kamu emang tau sih. trus nih, kamu tau nggak urutan nyetel kamera kalo mau dipake buat shooting di ruangan gitu.
Si Manis yang mulai asem : *gue pengen terjun dari lantai 3 di depan ruangan interview deh* aduh, lupa Pak kalo urutannya. soalnya saya terakhir di studio udah lama banget. lagian dulu biasanya dibantu sama temen yang lebih expert, sama senior biasanya Pak.*gue nyeseeeeeelll banget kenapa dari dulu nggak pernah belajar sendiri, tapi lebih sering disetting-in sama temen2. dan nyeseeeeeelll banget kampus gue sangat tidak membuat kami punya alasan untuk belajar lebih soal teori kamera dan tetek bengeknya*
Campers User : Hmm....okaayy. Tapi kamu pernah produksi kan? Dokumenter gitu?
Si Manis yang mulai asem : Pernah Pak, tapi kelompok. Dokumenter pernah, Talk Show, Musical Show, News.
Campers User : News? Bentuknya kayak apa?
Si Manis yang mulai asem : Itu Pak, macem Liputan....... *JEEDDEEEERRR!!!!* *anggep gue kesamber petir* *gue lagi interview sama RCTI dan gue nyebut produknya SCTV. that so IDIOT!!!* Ah itu Pak, kaya Seputar Indonesia.
Campers User : *Ngikik kaya nenek sihir* *nggak ketang. cuma gue yakin itu tanduk udah keluar banget dari kepala si Bapak*
 Ah Ya Allah Ya Rabbi, emang bener deh ya, nyesel itu pasti dan absolut selalu datengnya di akhir. gue nyesel akut kenapa gue nggak pernah mendalami teori-teori yang super simpel tapi buanyak tentang kamera dan tetek bengeknya. kenapa gue dari dulu nggak pernah maksa buat jadi switcher malah asik-asikan terus mainan di Studio. wooooosshhhaaa......

Eh, dan apakah gue harus ngasi tau hasil akhir dari tes gue? Malemnya, pas gue lagi main keliling (seperempat) Surabaya sama satu senior kampus gue, ngebukalah gue itu pengumuman by BB. yak, agak sedikit kecewa karena akhirnya saya tidak lolos. Tapi akhirnya pas ngeliat lagi siapa-siapa aja yang lolos, gue ngerasa fair kok. waaa....mereka emang mayoritas dari FIKOM, anak boradcast atau emang dari kampus yang udah ada spesialisasinya di dunia Televisi.

Hahahaha....dan ini bener-bener jadi pengalaman yang PALING precious banget sejauh ini gue jadi job seeker. dimana gue bisa tau dimana-dimana aja letak kekurangan gue. dimana gue bisa tau orang-orang seperti apa yang dicari perusahaan-perusahaan ternama itu. mereka bener-bener cari orang yang PROFESIONAL dan MENGERTI benar tentang bidang yang digelutinya. bukan yang setengah-setengah kaya gue. PR oke, reporter hayuk, Adver bisa, Video juga ngerti. tapi ya itu, setengah-setengah itu belum utuh sodara-sodara. jadi, kalo mau jadi sukses, utuhkan diri dulu. intinya, mulai belajar lagi dari SEKARANG.

Fighting Jup!!
:)


P.S. Gue nggak sedih loh nggak lolos tes ini. and i'm not lying

1 komentar:

  1. hehehee lucu banget tapi makasih udah share...baru lulus dan bakal ada wawancara kamis besok :)

    BalasHapus