Home

12 Mei 2012

buta warna

gw termasuk orang yang cukup acuh terhadap satu fenomena, sampai akhirnya gue yang mengalami sendiri atau ada orang-orang dekat di sekitar gue yang gue lihat mengalami fenomena itu. sekarang, gue lagi kena fenomena buta warna.

gara-gara berkumpul lagi sama junior-junior gue di PPI, gue jadi baru tau kalo ada salah satu junior gue yang ternyata mengidap kelainan ini. awalnya sempet nggak percaya denger pengakuan ybs, tapi setelah gue ngeliat sendiri faktanya, jujur aja gue jadi terpukau.

kejadiannya seperti ini, waktu itu si Rifka ceritanya lagi pake baju dengan motif bunga bunga besar warna oink dengan bintik-bintik ijo di dalemnya. "Dek, ini warna apa?" gue tanya sambil nunjuk satu titik berwarna hijau. anaknya diem, ngeliatin dengan cermat trus dengan lantang di ngejawab "merah kan mbak?". lalu ketika tanpa sengaja dia sendiri kemarin salah menyebutkan warna dari kerudung yang dipakai oleh seorang perempuan, yang dia sebutkan sebagai putih padahal cewek tersebut pake kerudung warna pink. ketika gue kasi tau kesalahan warna itu dia bilang, menurut dia itu terbias dari warna pakaian orang yang duduk di sebelahnya. oke, dari sini gue percaya bagaimana keadaan seseorang yang mengalami kelainan buta warna parsial.



karena penasaran, gue pun mencari info lebih lanjut tentang kelainan unik ini. ternyata pernyakit buta warna itu disebabkan karena faktor genetik yang dibawa melalui kromosom X yang dibawa oleh perempuan. tapi walaupun dibawa oleh perempuan, pada kenyataannya 99% penderita buta warna itu laki-laki loh. dan mayoritas pula penderita buta warna itu merupakan penderita buta warna parsial yang nggak bisa menangkap dengan baik warna biru, hijau atau merah, bukan penderita buta warna total yang cuma bisa ngeliat warna hitam dan putih macam film lawas.

unfortunately, kelainan ini nggak bisa disembuhkan karena ini bukan penyakit, melainkan cacat mata. untuk mengetahui apakah seseorang mengidap cacat warna atau tidak, biasanya digunakan plat yang namanya Ishihara. warna Ishihara sendiri macem-macem, tergantung kebutuhan yang diperlukan. apakah untuk mencari tau apa seseorang buta warna merah, hijau, biru, atau total.


hmm.....dari sini bersyukuuuurr banget walao mata gue rabun dan silinder gini gue masih melihat warna-warna dengan jelas. gue masih bisa lihat pelangi setelah abu-abu. masih bisa liat bunga-bunga yang cantik di taman bunga. masih bisa liat kamu :)

0 komentar:

Posting Komentar