Home

21 Mei 2012

penolakan kerja #1

ini satu hal yang menurut gue agak kurang ajar dari banyak hal kurang ajar lainnya yang pernah gue lakuin. jadi, ceritanya beberapa hari lalu waktu temen gue yang di Solo tau-tau ngabarin gue buat ngasi tau kalo temen kakaknya yang kerja di salah satu perusahaan saham di Solo lagi nyari seorang PR. oke, saya terjebak dengan cita-cita dan sebuah kata sakral yang bernama PR or Public Relations.

hell yeah, tanpa pikir panjang mau gimana, besok paginya gue langsung berangkat ke Solo buat interview. nggak kepikiran buat nginep juga, gue cuma mau kesana buat interview, that's all. kali ini gue dengan pakaian resmi, nggak kayak waktu gue dateng ke Expo di Jogja yang kostumnya alakazam.

jeng jeng jeng.....sampailah gue ke TKP dianter sama temen gue. perusahaan ini dari depan terlihat seperti layaknya sebuah kantor yang ramai. oke, cuma bisa baca Bismillah. ini interview ketiga gue. tapi entah ini apa ya, akhirnya satu per satu gue menemukan kejanggalan yang akhirnya bikin gue nggak sreg dan mutusin buat ngelanjutin TRAINING (ceritanya gue ketrima) yang harusnya gue mulai hari ini. here's some awkwardness :


#1.
Gue dateng disambut temen-nya si temen gue ini. gue shock, ternyata dia masih muda banget, padahal katanya dia Manager. maybe about 25 or 26. she brought me to the 3rd floor. well...gue melewati satu ruangan yang BUANYAAAAAKKK banget orangnya, and they're SO YOUNG. seumuran gue semua, ada kali orang 20-25an. and major of the girls were wearing a SHORT SKIRT.kalian para lelaki yang pengen betah kerja, gue saranin coba daftar aja di perusahaan ini.
Gila!! perusahaan apa yang punya 25 karyawan yang masih muda-muda dan pake baju kerja seksi macem SPG dept.store gitu. selebihnya orang-orang yang gue liat kayaknya nggak nyampe 8 orang mereka yang berumur kurang dari 40. oke...

#2 
Sembari menunggu si Bapak yang nantinya mau wawancara gue, si mbak yang Manager tadi ngeliat CV gue. trus tau-tau terjadi conversation kaya begini :
Mbak Manager : ini PR (she spell it on Indonesian, so it sounds like PE-ER which means Pekerjaan Rumah) apaan??
Gue : bukan PR (imitate her spells) tapi PR (spell on English), Public Relations
Mbak Manager : Oh... 
Loh, katanya nyari PR kok dia malah tanya sih. mana nggak bisa ngejanya lagi. something wrong!!

#3
Dimulailah gue wawancara dengan si bapak HRD. dia menjelaskan panjang lebar tentang perusahaan apa mereka ini sebenarnya. oke, semua obrolan kami berlangsung normal sampe dia nanyain masalah salary.
Bapak HRD : kamu mau gaji berapa?
Gue : Yah...saya nggak tau Pak. Standar S1 di perusahaan ini aja lah.
Bapak HRD : Kalo gaji sih saya nggak membatasi ya kamu mau gaji berapa. semuanya nantinya tergantung bagaimana kamu kerjanya. jadi sebagai PR kan kamu mendampingi ketika kita ketemu klien. kamu yang meyakinkan mereka untuk mau kerja sama dengan kita. makin banyak klien yang tertarik, makin banyak juga income yang bakal kamu dapet. kami nggak pernah membatasi kok kalo masalah gaji.
Gue : *hening*
Sial!! lo tau kerjaan PR nggak sih?? PR woy PR, bukan marketing! bukan sales! gaji PR itu baru berubah kalo mereka dapet project, selebihnya we have a monthly salary. not depend on how many clients we get. Aaaarrggh...

#4
Beberapa jam setelah gue kelar interview, tau-tau gw dapet info menarik dari temen gue seputar perusahan ini. all what he said just : kayaknya ini perusahaan nggak bener. coba kamu cek ntar di Kaskus. banyak threat nya disitu.
Mati. penasaran parah. malemnya begitu sampe rumah gue langsung buka dan cek. oh yeah!! ternyata sudah banyak korban dari perusahaan ini. well...emang bukan yang di kantor Solo, tapi malah yang di kantor pusatnya yang based-nya di Jakarta. baca baca baca dan baca. oke, gue udah putuskan, gue nggak akan lanjutin.

#5
2 hari pasca gue interview. HP gue yang nomer m3 berdering beberapa kali, gue liat layar. nomor dengan kode wilayah 0271 (Solo dan sekitar) nelpon. sangat bisa gue pastikan, ini nomer perusahaan geje itu. beuh....nomer Indosat gue kan gue jadiin 2nd number, kok mereka nggak ngehubungin ke primary number gue. 2-3 kali mereka telpon. gue nggak angkat. akhirnya mereka nelpon ke Primary number gue. gue nggak angkat. mungkin seharian itu ada kali gue 7-8 kali ditelpon. WOW!! niat sekali.

#6
Gue pikir kelar sudah teroran telpon setelah jam kerja selesai. tak disangka tak dinyana, HP gue masih berdering jam7 malem. dua-duanya, dan ada pesan singkat yang intinya kalo gue ketrima interview dan gue bisa mulai training besok Senin. *memakidalambahasakucing* ini perusahaan apaan sih ampe gue diSMS segala. nyiahahahahaha....

Maaf Ya Rabb, aku bukan ingin menyia-nyiakan rejeki. tapi aku ingin cari rejeki yang halal saja. yang pekerjanya nggak pake baju hot-hot begitu. yang kerjaannya nggak pake tipu sana sini. yang enjoy juga sama kerjaannya. maafin Ya Rabb ya...

Note :
Please jangan tanya apa nama perusahaannya. kasian mereka nanti bisa bangkrut :D

4 komentar:

  1. Oooh aku tau nama perusahaannya.. Yg jelas bukan Shijack :D

    BalasHapus
  2. oh...aku juga tau ini siapa. yang jelas bukan orlando bloom
    -_______-"

    BalasHapus