Home

25 Apr 2011

first magazine


adalah akhirnya saya dan teman kelompok jurnalistik 4 (yang uda barengan dari kelompok jurnalistik 3) akhirnya berhasil menyelesaikan satu majalah untuk tugas semester ini. perhatikan, BARU satu majalah. padahal mungkin masih ada setidaknya 2 lagi yang harus kami buat.
puas? jelas jauh dari kata itu. tapi setidaknya kami sudah belajar banyak disini. tentang bagaimana membuat kesatuan tulisan dari halaman per halaman agar memiliki satu continuity dan tidak keluar dari topik besar si majalah. tentang bagaimana mencari ilustrasi yang tepat dari setiap tulisan yang dibuat. atau tentang bagaimana harus menjadi kawanan redaksi yang tegas dan memiliki kekonsistenan bahasa. bukan perkara susah harusnya karena saya dan teman2 sudah terbiasa digembleng untuk liputan sejak semester 5 lalu.

tapi rasanya jadi super susah tatkala kalian memiliki pandangan untuk membuat sebuah majalah yang berorientasi untuk dijual. how to make it different with your competitor. lhah....tapi gimana caranya. dari konten jelas kita kalah. dari kemampuan ambil gambar jelas jauh. apalagi kemampuan buat layout majalah biar jadi cantik dan eye catching.

dan menjadi mengesalkan ketika dosen sudah mengatakan bahawa layout bukan prioritas, namun pada kenyataannya yang menjadi sasaran kritik adalah terkait layout. jadi, siapakah sebenarnya yang tidak konsisten?? :D

ini majalah pertama yang berhasil kami bikin buat tugas jurnalistik 4 sebagai mahasiswa komunikasi semester akhir di Universitas Sebelas Maret Surakarta

download our magazine here

0 komentar:

Posting Komentar