Home

5 Okt 2011

semacam jadi kertas putih

selalu sedih kalo denger sahabat-sahabat gw bermasalah dengan percintaan mereka. macem kehidupan cinta gw berjalan lempeng dan bahagia selalu aja. macem malem ini ketika ada seorang senior gw yang akhirnya telpon gw dengan suara yang tanpa daya. cerita panjang lebar kalo kejadian yang abru beberapa hari lalu gw sama dia perkirain bakal kejadian ternyata kejadian juga.

ah, ga  tau kenapa juga tiba-tiba gw yang jadi ngerasa bersalah gitu. coba kalo beberapa hari lalu gw nggak menduga-duga semuanya bakal ada kejadian gitu pasti ga kejadian (padahal ga ada hubungannya juga). ah, entah gw selalu suka ketika sahabat gw cerita sama gw soal masalah mereka sama pacarnya. dan dengan selalu penuh kebijakan gw nyoba ngasi advice sebisa gw (yang tentunya advice itu belom tentu bisa gw lakuin sendiri).

menjadi pendengar bukanlah hal yang mudah. dimana gw harus bisa memposisikan diri menjadi orang yang netral dan bukan memihak sama orang yang cerita ke gw atau ke orang yang jadi objek cerita. buat gw ketika gw jadi pendengar, artinya gw udah dipercaya untuk ngejaga cerita mereka, untuk jadi tempat mereka berbagi, untuk jadi harapan yang bisa nenangin mereka, untuk jadi semangat yang bisa ngebangkitin mereka. tapi susah, percaya sama gw, itu susah.

gw bukan cuma sekedar masang kuping buat dengerin cerita doang, ato cuma ngasi tempat dikit di memori otak gw buat nampung cerita mereka, atau nyiapin tangan buat ngelus-elus ato segera cari tissue kalo-kalo mereka nangis. hmm....semacem gw tuh harus jadi kertas putih yang siap dicoret-coret, disobek-sobek ato dibakar sekalipun.

dan kalau kalian pikir menjadi pendengar itu menyenangkan, kalian salah. yang jelas kalo gw masih sering ngrasa ga pantes buat jadi advicer mereka....

0 komentar:

Posting Komentar