Home

12 Jan 2012

me and gastritis

uda lama banget banget banget pengen sharing tentang penyakit langganan gue yang uda nemenin dari jaman SMP ampe sekarang. gastritis, atau yang orang lebih suka bilang namanya maag, hampir dipunyai sama semua orang. sekeluarga gue aja punya semua. menyedihkan.

awalnya gastritis gue cuma sesekali kambuh aja karena gue rada salah makan (terlalu pedes biasanya), karena di jaman sekolah makan gue terhitung masih sangat teratur. sampe akhirnya gue kelas 3 sma, gue udah nggak ada kewajiban penggemukan badan buat paskibraka, makan gue jadi sedikit berantakan pola nya. mulailah sejak saat itu, tiap kali makan telat dikit (barang setengah atau satu jam) langsung gue serasa tak berdaya cuma bisa guling-guling kasur.

sampe akhirnya gue bener-bener nyerah karena udah pake obat-obat yang dijual bebas macem mylanta cair udah nggak lagi mempan. ketiak gue periksa ke dokter, ternyata memang ketahanan badan terhadap suatu obat itu ada masanya. lama-lama kalo keseringan mengkonsumsi satu obat, bakal kebal itu lambung jadinya nggak ngaruh. dokter nyaranin gw buat endoskopi (itu sekitar awal kuliah), dan gue mulai dikasi obat dengan dosis yang lebih tinggi (gw lupa namanya).

abis itu rada mendingan, gw mulai jaga makanan dan sukses selama setahun lah paling cuma beberapa kali kumat dan itu pun cuma sehari dua aja kumatnya. sampe akhirnya gue ngerasa sakit lagi selama beberapa hari berturut-turut di semarang, dibawa ke dokter yang sama, dia ngerasa gastritis gw makin kronis. masih dengan advice buat endoskopi dan diberilah gw obat dengan dosis yang lebih tinggi (gw minum inpepsa sama lancyd, itu yang gw inget) dan mulai ngebenerin pola tidur gue. kata dokter pola istirahat gue super jelek.

beberapa bulan oke sampe akhirnya gw mendadak sakit lagi sampe pingsan waktu di solo. dibawa kerumah sakit dan dapet obat yang wuiiiii....mahalnya naudubillah. satu tablet aja 20 atau 25 ribu gitu harganya (namanya nexium kalo ngga salah). dan walaaaa....nggak ngefek, gw masih sakit sampe 2 minggu setelahnya.

digeretlah lagi ke dokter gw yang di semarang. dia kaget gw dapet obat dengan dosis maksimum katanya, harusnya jangan langsung dikasi obat dosis maksimal kaya gitu, bahaya buat perut gw. kembalilah gue dengan inpepsa dan lancyd (ah iya, si lancyd ini aja harganya nyampe 15rb setabletnya). bener-bener ngabisin duit banget penyakit gue ini.

akhirnya dapet saran dari salah satu temen mama buat berobat ke dokter herbal aja. vonis yang sama, gastritis kronis. dan karena dia emang nggak suka dengan antibiotik, dia ngasi beberapa obat herbal ringan dan gue diwajibin buat terapi atur pola makan dengan wajib makan tiap 3 jam sekali dari jam7 pagi sampe jam 10 malem. it means gw makan 6 kali sehari selama ENAM BULAN dengan berbagai pantangan makanan yang aduhai banyaknya. nyiksa banget karena gw anak kos yang suka makan sekenanya.

tapi lumayan, selama 6 bulan dan 2 bulan setelahnya gw nggak sakit sama sekali. tapi dasar gue yang nekat atau perut gw yg udah rusak, akhirnya gw sakit lagi dan kembali si dokter suru gw terapi ulang karena gw dibilang gagal dengan langsung stop total pola terapi makan gw yang dulu itu. tebusannya, bukan 6 bulan lagi, tapi setahun dan gw nggak diijinin buat puasa. astaghfirullah, nyerah gw sekarang.

nggak gw jalanin itu terapi, gw makan apa aja asal nggak pedes nggak asem dan non coffee or alcohol. tapi ternyata yang ada malah makin parah. asam lambung gw tinggi banget. bahkan saat terakhir gw periksa ke dokter herbal itu beliau bilang kalo usus halus gw bisa jadi udah kena radang juga. dia advice buat endoskopi.

dan hari ini, setelah 2 malem ngga bisa tidur karena gw berasa nyeri di dada sebelah kanan ketika menghela nafas, bener-bener annoying banget rasanya, gw putusin buat berobat ke dokter di kampus. dan well....kayaknya gw emang pengen transplantasi lambung aja deh ya. gara-gara si gastritis ini sekarang liver gue ikutan nggak beres yang mengakibatkan gw kena peradangan di diafragma bawah. matek!!! mau gw obrak abrik ini rasanya perut.

uh, bener-bener deh udah stress nggak bisa makan ini itu, gue kalo nguap juga ulu hati gue sakitnya nggak ketulungan, tambah lagi sekarang kalo rebahan ini dada kanan sakit banget buat nafas. trus gue suru tidur sambil duduk gitu??

buat temen2 yang ada riwayat maag dan mulai kronis juga, coba deh terapi 3 jam sekali itu buat ngejaga biar lambung ga digerus terus-terusan. mending buru-buru endoskopi juga kalo ada sisa uang biar bisa dapet pengobatan yang pas, nggak kaya gue. eh, bukannya gue nggak mau, tapi nggak mampu cuy. mahal gelak. mana kata kakak gue sakit juga itu di endoskopi. itulah kenapa sampe 4 tahun berselang dari titah dokter pertama, gw belom endoskopi juga.

nah, temen-temen gue sering sebel sama gue karena gw susah cari makanan, jangan kalian pikir gue juga suka sakit sengsara gini. serius deh, jangan suka ngatain gw ya karena gw sering sakit. kalo gw boleh milih juga gw pengen sehat kok. gw cuma pengen nglakuin satu hal kalo lambung gw sehat, pengen minum orange float lagi :')

2 komentar:

  1. endoskopi aja,, waktu itu gw pernah endoskopi, sekitar tahun 2008 (udah lama sih..),, memang secara biaya lumayan sekitar 1,5-3jt, tergantung dimana rs nya.. tapi, kalau sudah parah, wajib untuk endoskopi, biar tau persis masalah lambungnya apa, jadi pengobatannya pun tepat.
    waktu itu gw dinyatakan gastritis akut karena ada luka (macam benjolan kecil di dinding lambung), dan katup lambung katanya gak berfungsi lagi (hoalah,, makin stres gw dengernya).. satu2nya jalan yah harus memperbaiki pola makan, dikasih obat2an juga, tapi gue lupa apaan aja. tiap 2 jam sekali lambung harus terisi dengan porsi makan kecil atau bisa juga cemilan.. gak boleh makan pedas, dkk.. sampai sekarang masih sering kambuh gara2 bandel mengatur pola makan.. sekarang aja lagi kambuh lagi,, hehee.. :))
    mengenai obat2an yang mahal, coba cek dulu aja ada generiknya atau gak, karena generik lebih murah.. khasiatnya pun sama (gue tau karena gue pernah kerja di salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indo [hehe], bagian generiknya pula),, dijamin aman tuh generik ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah...that's the point. karena kalo priksa di dokter itu bayar dokternya skalian sama obatnya, jadi suka nggak ngerti, tau2 dikasir bayar stgh juta aja. mabok dah.
      itu apaan, pake katup lambung segala, ngeri bener. gw yg udah disebut2 segala liver ama empedu aja udah horor. haha
      yah, marilah kota benarkan pola makan. asli sebenernya asal perut nggak kosong dan nurutin itu pantangan, obat tuh sangat bisa diminimalisir. sambil nabung buat endoskopi lah. haha
      ayo sembuh. kowawa \(´▽`)/

      Hapus