Home

7 Feb 2012

dari akun portal berita online

selama 4 semester belajar jurnalistik di kampus, satu semester terakhir belajar tentang jurnalistik online, baru sekarang sepertinya gw bisa nganalisis dengan benar. banyak ilmu yang bikin gw akhirnya bisa mulai kritis sama pemberitaan-pemberitaan di media online. salah satunya yang menyangkut dengan etika jurnalistik.

adalah kejadian kemaren sore saat gw lagi mengamati timeline twitter gue dan ngeliat ada satu akun koran digital yang masang berita tentang UNS yang mulai dikenal dunia lewat dunia maya. merasa nama almamater gw disebut, gw langsung buka itu link-nya. oke, dan saya SANGAT terkejut waktu ngliat ternyata foto yang dipasang di atas berita itu adalah foto Universitas Sriwijaya dan bukan Universitas Sebelas Maret. Apa-apapun inilah...gw scroll mouse lanjut ke bawah dan baca artikelnya. dan beneranlah, itu memang artikel tentang UNIVERSITAS SEBELAS MARET dan bukan univ sriwijaya. iiissh....


langsung lah gw mensyen tanpa kata kesopanan apapun seolah capslock gw jebol gw nulis "kok fotonya bukan UNIVERSITAS SEBELAS MARET!!!!". 2 menit berselang temen gw tau2 ngemention gw di twitter "fotonya di gedung pascasarjana FKIP kok Jup." penasaran lah, gw buka lagi itu link berita. bener aja lah, fotonya udah diganti tanpa ada pemberitahuan RALAT atau dan lain sebagainya tentang salah posting foto. untuk saya itu menakjubkaaaaann!!

gue jadi keinget jaman kulaih dulu, dosen gw pernah ngasi pertanyaan buat kasus ini. "apa yang bakal lo lakuin kalo ternyata ada kesalahan penulisan di artikel yang uda lo posting di media online?". JENG JENG JENG. dulu setelah perdebatan panjang yang sengit antara dosen sama beberapa mahasiswa yang masih ON sama apa yang diobrolin si bapak dosen, kita tetep mutusin buat nulis ralat di artikel yang terkena perubahan informasi. baik di taro di posting-an yang baru, atao ralat langsung disisipkan di artikel yang lama.

dulu gw kurang sepaham emang sama konklusi yang ini. menurut gue, "dunia OL itu untuk memudahkan, kenapa masih ditulis ralat juga? lagian kebanyakan pembaca berita di twitter kan cuma liat judul yg less than 140 karakter doang, jarang yang ampe buka link". tapi ternyata sekarang setelah nemu fenomena kaya gini gw jadi paham, dunia maya itu SANGAT CEPAT kawan. nggak macem media koran yang baru dibaca keesokan harinya. yang mau nggak mau ketika lo memberikan kesalahan informasi disitu, lo harus bertanggung jawab dengan menuliskan ralat informasinya di keesokan harinya. sungguh wartawan cetak itu sungguh bermental baja (karena pernah ngerasain sendiri, makanya bisa bilang gini). bukan cepet yang dikejar, tapi keakuratan.

banyak sebenernya etika jurnalis yang akhirnya nggak kepake ketika mereka jadi jurnalis online. banyak berita-berita yang akhirnya cuma ngandelin cepet-cepetan tapi gak pake 5W+1H, atau berita-berita dengan foto-foto yang uncensor yang menurut gw sangat nggak layak untuk dilihat. macem foto berdarah-darah atau ilustrasi yang agak menjurus-menjurus. untung aja akun-akun portal berita online ini kebanyakan followers-nya orang dewasa.

makin berkembanganya teknologi ini kayaknya emang bikin kita harus bisa lebih selektif dalam memilih informasi yang masuk. salah-salah malah bisa dapet berita-berita yang "Asal cepet" tapi hoax. cepat itu bagus, tapi akurat itu lebih oke kan??

0 komentar:

Posting Komentar