Home

27 Feb 2012

gue gagal online personal branding :D

sebenernya udah tau sih dari jaman kapan itu waktu gw ikut seminar nasional di kampus tentang personal branding bareng Indira Abidin sama Helmi Yahya, kalo yang namanya personal branding itu sekarang bisa dilakuin di dunia maya. dunai yang konon katanya maya ini ternyata bisa pengaruh loh ke kehidupan nyata kita. efeknya memang tidak semaya namanya emang.

tapi dimulai lagi dari kemaren siang, waktu ada yang nanya ke gue tentang "citra diri" yang mana gue lebih suka menyebutnya tentang personal branding. "menurut kamu citra diri diri itu gimana? itu kan harusnya orang lain yang nilai, masa aku disuruh nulis tentang citra diri aku sendiri", kata si orang yang nanya ke gw ini. gw penasaran, karena gue belom pernah tau seperti apa sebuah essay (ceritanya si orang ini disuru bikin essay) apalagi tentang personal branding. googling menggoogling, hasilnya agak sulit sih ya. tapi dari sini gw malah nemu banyak artikel yang sepertinya lebih guna buat gue daripada tu orang.



yess....it's about online personal branding. he, istilahnya gue udah suka. isinya apalagi. dimana sekarang hampir semua perusahaan modern, menggunakan internet untuk mencari tau lebih dan lebih lagi tentang kepribadian calon pekerjanya. blog, FB, twitter, LinkId, banyaklah.

jadi ternyata bahwa mereka suka dengan orang-orang yang selalu menggunakan nama asli nya di setiap akun, atau setidaknya alamat URL akun mereka. kwaaaa.....kwaaa...... lihatlah nama alamat blog gue :
JUPH.BLOGSPOT.COM
isssh....bukan karena gue anak alay yang pengen dibilang gaul, tapi karena jaman segitu gue emang lagi alay (ini blog ada dari taun 2005-an, tapi akhirnya gue bersihin di tahun 2007 dan mulai beres di taun 2009), dan jaman sekarang gue NGGAK TAU gimana caranya ganti alamat blog gw ini.  atau sebut aja id YM! gue, tazzulfamania. bukan apa2, tapi karena gw males buka akun baru dan nge-add lagi. (sebenernya ini dasarnya gw yang males repot sih).

lalu fakta kedua bahwa sebenernya semua penggunaan sosmed ini harus disendiri-sendiriin biar lo keliatan KONSISTEN. woo o o o o....jadi selama ini saya belum cukup konsisten rupanya. dimana blog gue masih acakadut gini isinya, yang kadang ada lagu, ada curhat galau, ada opini terbuka tentang rezim pemerintahan yang lebih acakadut, ada gambar-gambar asoy, beeeuuuuuhhh.... jadi, dari tips yg gw baca adalah bahwa misal kalo twitter buat ngepost link2 bermanfaat, ya harus aja seperti itu terus. jangan ada galaunya gitu. ketika Facebook itu buat kebutuhan personal, ya itu ga masalah, ketika ada personal web ya bedakan mana yang untuk keperluan pribadi dan mana yang bisa dipake buat "online personal branding". wink...wink....tertegun, dan gue putuskan, AH, GUE NGGAK PEDULI. ya twitter, FB sama blog gw begini isinya, yaudah aja sih. gw nulis kan buat hobby, bukan buat jual diri.

lalu fakta ketiga adalah bahwa ketika menjadi seorang blogger, kita konsisten "satu post satu hari". nah, ini lhoh.....ini lho satu-satunya tips yang mungkin BISA banget gue lakuin. jangankan satu hari satu post, 12 jam satu post juga demen deh gue. karena gw bisa menuliskan aneka mood di sini. nggak perlu menunggu ada ide. ide nulis tuh ide kalo mau bikin buku noh, orang cuma mau posting doang kok nunggu ada ide. ini cuma perkara gerakkan jarimu dengan hatimu, bukan dengan otak yang harus berputar keras.keterbatasan kenapa nggak 1 day 1 post itu lebih sering karena gue nggak ada waktu buat posting. ngampus pagi ampe sore, malem kluar, balik uda capek, tidur.

lalu fakta keempat ada bahwa kita harus waspada pada mesin pencari Google. disini gw langsung kayang. oke, mesin pencari Google menghancurkan pencitraan gue sudah. eh, itu bagus atau bukan sih ya?? ketika lo mengetikkan nama gue di Google search, lo memang bisa menemukan link dari blog gw ini dengan postingan "tentang Zulfa Aulia" di PALING ATAS. seneng sih, tapi malu cuy....secara itu postingan taun berapa. dan well yeah keadaan sekarang pun udah jauh berbeda dengan apa yang gue tulis disitu.

hihihi.....kalo ngomongin online personal branding sih gue nyerah dah. walo ngomongin offline personal branding sebenernya juga nggak bisa diharapkan banget, secara gw slalu jadi messy girl dengan baju-baju seadanya (maklum, keterbatasan ekonomi jadinya nggak bisa jadi hijaber gaul :p ), penggunaan bahasa yang suka kadang kepleset ada maki-maki dikit, atau muka yang temen gue bilang sok sangar gara-gara mata gue yang suka jutek kalo ngliatin orang. hahaha....pokoknya cuma bisa bilang, cover saya menipu. tapi kalau percaya sama akun-akun maya gue, itu berarti lo syirik sodara-sodara. jadi intinya apa?? intinya?? yaudah sih, mau dinilai secara online atau offline, personal branding itu emang penting. bukan buat cari kerja, tapi lebih ke nyaman enggaknya iklim kehidupan lo nantinya (which is pekerjaan include on it). yuk yuk, benahin diri. bukan buat orang, tapi lebih enak bikin pencitraan diri di depan Sang Pencipta.

0 komentar:

Posting Komentar