Home

5 Feb 2012

short "call"

semacam akhirnya bisa menikmati hidup dan jauh lebih bersyukur setelah bertahun-tahun belakangan merasa sedikit jauh dari Allah. merasa akhirnya bisa merindukan waktu shalat segera datang. merasa terbiasa menangis di setiap sujud selepas shalat. merasa akhirnya ada rasa damai setiap menghadap Dia. tidak seperti beberapa tahun belakangan aku merasa bahwa shalat itu hanya sekedar kewajiban, bukan kebutuhan...

dan entah beberapa minggu belakangan semacam punya sebuah kebiasaan baru.
gw terbiasa buat make a short time "call" with Allah before i went to sleep. gw selalu duduk di atas tempat tidur gw saat lampuudah gw matiin, bercerita dalam hati bahkan terkadang berbisik, semacam percakapan singkat tentang apa yang udah gw dapetin hari itu. tertawa ketika gw ngerasa bahagia, menangis ketika gw menyebut beberapa hal yang membuat hati gw ngerasa sedih saat menceritakannya.

sebenernya gw rada aneh dengan kebiasaan gw yang terakhir ini. gimana gw bisa mendadak nangis saat bercerita beberapa hal, dalam keadaan tidak bermukena. ah, sering susah gw buat nangis sama Dia kalau nggak dalam keadaan shalat tahajud atau shalat duha (jujur lebih susah nangis saat abis shalat fardhu). well, dan keseringan hal yang bikin gw nangis bukan tentang orang tua, kuliah atau masalah hati. gw, lebih mudah menangis ketika akhirnya gw bisa "berterima kasih". setelah sekian lama gw selalu mengeluh, menyalahkan, marah bahkan terkadang membenci Dia, akhirnya gw bisa ngucapin terima kasih.

sungguh sebuah kata terima kasih saja bisa bikin gw nangis. bener-bener bercucuran air mata ketika gw nyebut terima kasih atas semua kebaikan Dia yang udah gw lewatin selama ini. kehidupan berkecukupan walau sering kali hanya makan nasi putih saja, kawan-kawan terbaik walau sesekali berselisih paham dan saling membentak, keluarga yang sehat dan lengkap walau akhir-akhir ini mayoritas anggota keluarga menjadikan obat sebagai pelengkap di akhir mereka makan (selalu sedih kalo inget ini), pendidikan tinggi yang nyaman (walau sempet terancam putus kuliah di 2 semester terakhir), dan karena setidaknya telah membuat gw pernah merasakan bahagia dengan seseorang yang (gw nggak bilang pernah) gw sayang. ah, nikmat Tuhan ini udah terlalu banyak yang gw dustain :')

sungguh sebuah ucapan syukur yang sederhana. bukan dengan doa-doa panjang yang bahkan aku tidak pernah hafal seperti yang dulu selalu dia bacain buat gw selepas shalat. bukan dengan sujud berjam-jam. bukan dengan air mata yang mengalir tanpa henti hingga membasahi mukena. dan karena terlalu terbiasa berbicara denganNya seperti itu, bahkan gw nggak pernah bisa tidur sebelum make those short "call".

terlambat? ya sih, gw bilang gw mungkin terlambat untuk bersyukur. gw berfikir, andai gw menyadari untuk bersyukur kemarin-kemarin saat gw sedang merasa cukup bahagia dengan limpahan masalah gw dan bukan malah menjauhi Dia, gw yakin Dia pasti nggak akan segitu marahnya sama gw. mengambil semua-semua yang bisa menjadi senyum buat gw dan menggantinya lagi dengan masalah yang baru. ah, betapa hidup itu bener-bener harus banyak bersyukur. biar Allah tau kalo kita nggak sombong. biar Allah itu nggak pelit sama kita buat ngasih kebahagiaan lainnya lagi dan lagi.

dan iya, gw udah bisa ngerasain hasilnya sekarang. gimana gw selalu ngerasa gw udah dikasi semua yang aps dengan porsi dan waktu yang paling baik. dimana gw selalu ngerasa dimudahin di setiap nyelesain semua urusan gw. dimana gw akhirnya bisa ngerasain lagi semua kebaikan dari Dia dan mereka. ah, hidup itu terlalu pendek kalo buat menyesal. ketika ada keinginan, usaha. ketika ada hasil, bersyukur. pasti bakal lebih enteng kok hatinya...

0 komentar:

Posting Komentar